7 Tips yang Mesti Diperhatikan Dalam Membangun Kolam Renang

Memiliki kolam renang di dalam rumah Anda memang hal yang sebagain orang inginkan. Hal tersebut akan  menambah nilai prestisius bagi rumah yang Anda miliki. Biasanya, halaman belakang menjadi tempat favorit untuk pembangunan kolam renang. Terdapat beberapa tips membangun kolam renang supaya tampak lebih menarik. Selain itu, kolam renang itu pun dapat menjadi terlihat mewah dan sangat atraktif. Hal ini juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Pentingnya Membuat Kolam Renang Tampak Menarik

pentingnya membuat kolam renang tampak menarik

Mengapa tips membangun kolam renang itu sangat penting? Salah satu jawaban yang paling sederhana untuk hal ini adalah supaya membuat kolam renang tampak lebih menarik. Hal itu cukup penting karena berkaitan pula dengan kenyamanan bagi Anda untuk melakukan kegiatan berenang.

Namun tips dalam membangun kolam renang itu sendiri juga tergantung dengan jenis kolam renang yang dibuat. Hal ini juga berkaitan dengan syarat membangun kolam renang supaya bangunan kolam yang dibuat bisa berfungsi dnegan baik dan jauh dari kendala. Maka dari itu, sebelum mengetahui tips untuk pembangunan kolam renang ini hal-hal yang disebutkan tadi harus dipenuhi.

Beberapa Tips Membangun Kolam Renang di Rumah

beberapa tips membangun kolam renang

 

Berikut ini adalah beberapa tips dalam membangun kolam renang supaya bangunannya tampak menarik:

1. Perhatikan Ukuran dan Layout

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah mengenai penyesuaian layout kolam renang dengan konsep dan tema rumah. Hal ini mesti dilakukan sebab keberadaan layout  dapat memengaruhi  pada faktor utama pembuatann kolam renang itu sendiri. Untuk itu, dibutuhkan perencanaan yang cukup matang untuk menentukan layout kolam renang. Selain itu, penentuan ukuran kolam renang juga sangat penting untuk diperhatikan.

2. Perhatikan Kedalaman Air dari Kolam Renang

Tidak hanya keindahan luar dari kolam renang, keadaan fisik kolam renang yang dibangun juga mesti diperhatikan. Salah satunya dengan memerhatikan kedalaman airnya.

Biasanya, untuk kolam renang dewasa, tingkat kedalaman airnya rata-rata sekitar 1,2 meter sampai 2 meter. Namun, Anda pun bisa keduanya dengan cara membuat ramp atau kemiringan untuk memisahkan kedalaman air pada kolam renang tersebut.

3. Perhatikan Filterisasi

Tips membuat kolam renang selanjutnya adalah dengan merencanakan sistem filterisasi pembangunan kolam renang. Ada beberapa tipe filterisasi yang dapat dipilih yang nantinya akan berpengaruh pada konstruksi bangunan serta struktur kolam renang tersebut.

4. Perhatikan Sirkulasi Air pada Kolam Renang

Air dan sistem sirkulasi juga memiliki efek yang dapat memengaruhi kondisi kolam renang Anda. Anda dapat membuat overflow atau tumpahan air dipinggir kolam renang, untuk menambah suasana nyaman dan rileks. Alternatif lain juga bisa Anda lakukan dengan  menggunakan batu candi yang disusun bertumpuk untuk pinggiran overflow-nya.

5. Perhatikan Ketinggian Serta Permukaan Lantai

Tips membangu kolam rennag selanjutny adalah dengan memerhatikan tingkat ketinggian permukaan lantai. Usahakan ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari teras kolam untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan saat kolam rennag digunakan.

6. Desain Teras Kolam (Pool Deck)

Hal lain yang mesti diperhatikan adalah memerhatikan desain teras kolam renang. Anda dapat menggunakan dek kayu, lantai dengan batuan alam yang disusun secara artistik untuk memperindah kolam renang.

Hal terpenting dalam membangun teras kolam renang ini di antaranya:

  • Terasharus dibuat anti selip dan tidak licin demi menjaga keselamatan dan kenyamana.
  • Kebersihan dari pool deck.

7. Perhatikan Vegetasi

Setelah menentukan layout dan teras kolam renang tips selanjutny adalah dengan memerhatikan vegetasi. Apabila Anda menginginkan suasana alam yang natural, berikan sentuhan alami dengan menanam pepohonn di sekitar kolam renang. Ini disesuaikan dengan keinginan Anda.

 

By |2019-09-28T01:43:02+00:00September 28th, 2019|konstruksi|