4 Tips Perawatan Kebersihan untuk Kolam Renang

Kita tahu bahwa Kolam renang membutuhkan perawatan secara rutin. Untuk itu, Anda membutuhkan tips merawat kolam renang supaya dapat menjaga kondisinya tetap baik. Kolam renang akan membutuhkan anggaran khusus untuk biaya perawatan dan biaya perbaikan, seiring dengan usia penggunaan kolam renang tersebut. Untuk itu, Anda sangat perlu untuk mengetahui prinsip dasar perawatanya. Hal tersebut  akan menghemat waktu dan biaya perawatan tersebut.

Seberapa Pentingkah Merawat Kolam Renang?

pentingnya merawat kolam renang

Untuk prosesnya, perawatan kolam renang juga bisa dilakukan setiap saat apabila ada waktu luang untuk merawatnya. Namun, Anda pun mesti mengusahkan untuk membuat waktu luang dalam melakukan perawatan pada kolam renang yang Anda miliki.

Kondisi kebersihan kolam renang tentu harus dijaga. Karena, kebersihan adalah hal yang sangat penting supaya ketika Anda melakukan aktivitas berenang, Anda akan merasa nyaman. Selain itu, kolam renang pun berada dalam keadaan bersih dan terawat.

Tips Merawat Kolan Renang Supaya Tetap Sehat

tips perawatan kolam renang

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat kolam renang supaya kondisi kolam renang Anda tetap sehat:

1. Selalu Menjaga Kejernihan Air Pada Kolam Renang

Air merupakan komponen penting dan utama bagi kolam renang itu sendiri. Jika komponen tersebut tidak terpenuhi, bagaimana mau digunakan untuk berenang? Menjaga kebersihan kolam renang anda sangatlah penting. Maka, apabila kebersihan air tidak dijaga bisa jadi akan mengakibatkan berbagai jenis penyakit, terutama bagi kulit. Hal ini dikerenakan air yang kotor dan tercemar pasti sudah terkontaminasi oleh bakteri.

Oleh karena itu, perawatan kolam renang memang sangat diperlukan. Hal ini juga untuk menjaga kejernihan dan kebersihan air pada kolam renang dan tentu saja akan ikut menjaga kesehatan pada perenangnya.

Idealnya, pembersihan air paling cepat 2 minggu sekali. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga kejernihan air pada kolam renang. Anda bisa mengaplikasikan beberapa obat, di antaranya:

  • HCL =>  untuk menjaga kondisi PH pada kolam renang.
  • Kaporit => untuk menjaga konsentrasi chlorine.
  • Tawas => untuk menjernihkan kolam begitu pula dengan soda yang kegunaannya sama dengan tawas.

2. Mencegah Pertumbuhan Lumut Pada Kolam Renang

Tips selanjutnya untuj menjaga kebersihan kolam, Anda bisa menanam beberapa pepohonan di sekitar kolam.  Selain membuat area kolam menjadi asri dan tidak panas, ternyata pepohonan yang menutupi kolam renang dari teriknya sinar matahari dapat juga berfungsi untuk meminimalisir pertumbuhan alga pada kolam renang anda.

Pertumbuhan alga bisa membuat air kolam renang anda menjadi berwarna kehijau-hijauan. Untuk mengurangi pertumbuhan alga, Anda dapat mengurangi kadar sinar matahari yang terjadi kontak langsung dengan kolam.

3. Menggunaan Filter Air

Baik atupun tidaknya kualitas air yang ada pada kolam renang anda tentu saja tidak lepas dari penggunaan alat penyariang atau filter. Semakin baik dan tinggi kapasitas kerja filternya, maka semakin baik pula kualitas air pada kolam renang anda yang akan dihasilkan, begitu juga sebaliknya.

Penggunaan filter air pada kolam renang dirasa itu sendiri sangat penting karena sangat membantu dalam proses penyaringan air dari kotoran-kotoran yang ada di sekitar

4. Menyikat Kerak-Kerak pada Kolam Renang

Tips merawat kolam renang selanjutnya adalah dengan melakukan penyikatan pada dasar dan bagian samping kolam. Ini dilakukan supaya kerak dan lumut-lumut yang tumbuh bisa diatasi dengan baik. Penyikatan hendaknya dilakukan secara merata dan menyeluruh agar dasar kolam tampak bersih.

Adhyaksa Persada merupakan kontraktor kolam renang yang bisa Anda percaya dalam melakukan perawatan kolam renang di rumah Anda.

By |2019-09-29T16:11:47+00:00September 29th, 2019|konstruksi|