Wawasan Umum

Pengertian dan Definisi Wallpaper Dinding danTips Memilihnya

dinding wallpaper

Wallpaper dinding adalah cara mudah menciptakan dekorasi interior dengan warna motif pilihan sesuai selera. Biasanya, pemakaian wallpaper digunakan pada kantor layanan publik, cafe, rumah, hotel, restaurant dan lain sebagainya. Selain mudah dipasang, wallpaper yang satu ini juga bisa mudah ditemukan.

Definisi dan Pengertian Apa Itu Wallpaper Dinding

wallpaper dinding

Wallpaper dinding merupakan kertas dinding yang ditujukan sebagai hiasan biasanya berupa roll atau gulungan disertai perekat. Lebih dari itu, penggunaannya memiliki banyak motif dan warna dengan tema yang sangat beragam.

Pemanfaatan dari wallpaper ini untuk mengubah susasna dan penampilan ruangan menjadi lebih nyaman. Selain itu, wallpaper ini juga bisa membuat properti Anda lebih berkelas, elegan dan memiliki nilai tambah yang cukup siginifikan. Pada kenyataannya, kertas dinding ini memiliki beragam pilihan bahan dan seperti, heavy duty paper, serat alami foil, vinyl, bludru dan lain sebagainya.

Fungsi dan Manfaat dari Wallpaper Dinding

wallpaper dinding

Wallpaper dinding dijadikan sebagai penutup dinding rumah dengan beragam lanskap dan warna hingga motif. Tidak hanya itu, terdapat banyak fungsi dan manfaat dari Wallpaper dinding. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Mengatasi Masalah Keretakan Sekaligus Kerusakan Dinding => Pemakaian wallpaper dinding dimaksudkan untuk menyamarkan kekurangan dinding seperti retak atau pecah. Tidak hanya itu, pemakaian wallpaper juga diterapkan pada dinding yang sudah mulai mengalami pengelupasan.
  • Menutupi dan Melindungi Dinding dari Rembesan => Pastikan Anda memilih wallpaper premium dan berkualitas. Hal ini dikarenakan kualitas wallpaper yang baik dapat memberikan perlindungan pada dinding dari perubahan cuaca. Tentunya, pemakaian kertas dinding yang sudah dipilih dapat digunakan pada tempat tinggal yang memiliki iklim selalu berubah.
  • Menghemat Biaya Renovasi Rumah => Pemakaian wallpaper juga membantu Anda berhemat. Tentunya, Anda tidak perlu membutuhkan cat untuk melakukan renovasi dan mengaplikasikannnya dengan warna berbeda tiap ruang.
  • Ruangan Menjadi Lebih Nyaman dan Hangat => Pemakaian wallpaper dapat membuat ruangan Anda menjadi lebih hangat sekaligus nyaman. Kertas dinding ini tidak hanya dijadikan sebagai penghias ruangan saja, namun, juga memiliki kelebihan lain seperti memiliki kemampuan meredam hawa dingin yang datang dari luar.

Tips Memilih Wallpaper Dinding

wallpaper dinding

Bagi Anda yang ingin membuat tampilan desain interior menjadi lebih menarik dan nyaman. Maka memilih wallpaper yang sesuai dengan kebutuhan Anda adalah solusi paling sesuai. Namun, sebelum membeli wallpaper, pastikan Anda sudah mencoba beberapa tips untuk memilih wallpaper dinding berikut ini :

  • Sesuaikan Wallpaper Dinding dengan Karakter Penghuni => Pemilihan warna pada wallpaper dapat disesuaikan dengan karakter dari penghuni rumah. Salah satunya dengan memilih warna yang bersifat pribadi untuk ruang tamu seperti warna yang disenangi maupun warna yang membawa keberuntungan.
  • Pilihan Wallpaper untuk Bangunan dengan Plafon Tinggi dan Sempit => Solusi untuk permasalahan tersebut dengan memilih wallpaper bermotif horizontal, mendatar dan tidak terlalu ramai. Beberapa contoh motif tersebut seperti motif garis mendatar atau motif dengan bunga yang tidak terlalu banyak. Apabila Anda memilih motif yang ramai, maka ruangan menjadi lebih sempit.
  • Tips Memilih untuk Ruangan Sempit Warna => Bagi Anda yang ingin mendekorasi ruangan sempit agar terlihat lebih luas, maka pilihan wallpaper yang cocok adalah warna cerah. Hal tersebut dilakukan untuk memicu efek ilusi pada ruangan agar nampak lebih luas. Anda dapat memilih warna seperti biru muda, putih dan lain sebagainya. Selain itu, hindari pemakaian motif terlalu ramai.
  • Cara Memilih Wallpaper untuk Rumah dengan Ruangan yang Luas => Sebenarnya, ruangan yang luas sangat cocok untuk berbagai jenis wallpaper. Maka dari itu, Anda dapat memilih warna gelap seperti, biru tua, ungu maupun cokelat.
  • Setiap Memilih Wallpaper Pertimbangkan Efek Cahaya => Pemilihan wallpaper juga mempertimbangkan aspek cahaya. Hal ini dikarenakan cahaya dapat memberikan pengaruh pada desain interior Anda. Apabila ruangan Anda tidak terlalu banyak mendapatkan cahaya, maka wallpaper yang bisa dipilih adalah warna cerah atau terang. Selain itu, Anda juga dapat memilih warna kuning gading, oranye maupun emas untuk kamar tidur.

Cara Memasang Wallpaper Dinding

wallpaper dinding

Pemasangan wallpaper dapat dilakukan menggunakan lem maupun memanfaatkan perekat yang sudah ada pada wallpaper. Apabila Anda membeli wallpaper tanpa lem maka sebaiknya Anda membeli lemnya juga. Sebaliknya, jika Anda membeli wallpaper yang sudah ada lemnya maka pekerjaan Anda menjadi jauh lebih ringan. Berikut beberapa cara memaang wallpaper dinding dengan perekatnyanya langsung :

  • Bersihkan Area Dinding dari Berbagai Benda dan Debu => Hal tersebut dilakukan agar proses pemasangan dapat dilakukan secara menyeluruh dan perekat dapat melekat kuat. Selain itu, langkah awal ini bisa membantu Anda dapat bekerja secara leluasa.
  • Mempersiapkan Dinding dengan Teliti => Bersihkan sisa perabotan seperti paku agar tidak menghalangi proses pemasangan. Tidak hanya itu, jika Anda menemukan lubang bekas paku atau retakan. Pastikan permukaannya menjadi rata dengan menyumbatnya dengan kertas atau sumbatan lainnya.
  • Melakukan Pengukuran Dinding dan Wallpaper => Setelah, kondisi dinding dalam keadaan siap, maka langkah selanjutnya adalah mengukur dinding secara tepat dan teliti. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kesalahan ukuran saat pemasangan. Perlu diketahui jika ukuran pada wallpaper tidak tepat maka pemasangannya tidak dapat dicopot maupun dipasang seperti wallpaper yang tidak disertai lem.
  • Memotong Wallpaper => Perlu diperhatikan ketika melakukan pemotongan usahakan sedetail mungkin dan jangan melakukan kesalahan. Hal ini akan berakibat fatal pada saat dilakukan pemasangan. Selain itu, wallpaper yang menggunakan lem lebih sensitif dibandingkan wallpaper tanpa lem.
  • Lakukan Pemasangan secara Hati-Hati => Perlu diperhatikan, jika Anda menggunakan wallpaper tanpa lem, maka sebaiknya membalurkan lem terlebih dahulu pada lapisan yang akan ditempelkan pada dinding. Jika sudah maka sama dengan wallpaper yang disertai perekatnya langsung ditempelkan pada dinding secara perlahan.

Kekurangan dan Kelebihan dari Wallpaper Dinding

kelebihan dan kekurangan

Pemakaian wallpaper dinding sangat membantu Anda di dalam mendesain ruangan interior menjadi lebih berkelas. Selain itu, pemasangannya juga membantu meningkatkan kenyamanan hunian Anda. meskipun demikian, pemakaiannya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Wallpaper

Wallpaper memiliki harga yang mudah. Selain itu, dekorasi dan penutup dinding ini juga memiliki berbagai kelebihan lain, seperti halnya :

  • Tahan Terhadap Api atau Fireproof
  • Perlindungan Terhadap Serangga
  • Kemampuan Penstabil Suhu Dingin dan Panas
  • Kandunga Kimia Tidak Sebanyak Cat Dinding
  • Motif Bergam
  • Daya Tahan Lama dan Tidak Merusak Dinding

Kekurangan Wallpaper

Selain memiliki beberapa kelebihan di atas. Wallpaper juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut :

  • Pemasangan Perlu Tenaga Ahli
  • Waktu Pemasangan Lama
  • Peralatan untuk Melepas Wallpaper Harus Memadai

Beberapa informasi terkait wallpaper dinding bisa menjadi solusi desain perkantoran, perumahan maupun apartemen Anda. Tentunya, Anda membutuhkan partner terbaik untuk menyelesaikan prsoalan terkait pembangunan dan desain interior.

Maka, PT. Adhyaksa Persada sebagai konsultan konstruksi bangunan terbaik dan berpengalaman bisa menjadi tim Anda. Kami sudah berdiri sejak tahun 2013 sebagai jasa konsultan terbaik dan profesional untuk berbagai proyek pembangunan di Indonesia.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *